VISI

 

Menjadi  program studi yang berkualitas di bidang manajemen pendidikan Islam, guna melahirkan sumber daya manusia yang profesional, cendekia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, berakhlaqul karimah berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah wal-Jama’ah (aswaja) serta mampu berdaya saing  di level Internasional pada tahun 2030

 

MISI

 
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen pendidikan Islam guna mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, cendekia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, berakhlaqul karimah, dan berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja).
  2. Mengembangkan sistem tata kelola dalam bidang manajemen pendidikan Islam yang efektif dan efisien, bermutu, sehat dan harmonis berbasis nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah.
  3. Menciptakan suasana akademik berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya dalam pengembangan manajemen pendidikan Islam berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah wal-Jama’ah (aswaja)
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang manajemen pendidikan Islam baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  5. Mengimplementasikan manajemen strategig dalam pengembangan program studi yang berdaya saing di tingkat Nasional 2020, tingkat ASEAN 2025 dan tingkat internasiona tahun 2030
 

TUJUAN

 
  1. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen pendidikan Islam guna mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, cendekia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, berakhlaqul karimah, dan berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja).
  2.  Terwujudnya pengembangan sistem tata kelola dalam bidang kepemimpinan, manajemen, administrasi serta pelayanan akademik yang efektif, efisien, bermutu, sehat dan harmonis berbasis nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah.
  3. Terciptanya suasana akademik dan religius berbasis iptek dan seni budaya dalam pengembangan manajemen pendidikan Islam berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah wal-Jama’ah (aswaja).
  4. Terlaksananya pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang manajemen pendidikan Islam baik di tingkat regional, nasional, ASEAN maupun internasional.
  5. Terimplementasikannya manajemen strategik dalam pengembangan program studi yang berdaya saing di tingkat Nasional 2020, tingkat ASEAN 2025 dan tingkat internasional tahun 2030.
 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

 

Sasaran dan strategi pencapain yang akan dirumuskan berdasar pada visi, misi, tujuan dan capaian kinerja yang dilaksanakan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam  Program Pascasarjana UNISNU Jepara adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan Manajemen Pendidikan Islam yang berkualitas untuk bekerja di lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta dan pemerintahan.
 

Strategi pencapaian :

  1. Meningkatkan kualitas Dosen melalui pengembangan kompetensinya misalnya dengan mendorong dalam melaksanakan studi lanjut, peningkatan jabatan fungsional, workshop, seminar, pelatihan dll.
  2. Menyusun kurikulum yang berbasis kompetensi dan melakukan peninjauan kurikulum secara berkala.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pengembangan sarana prasarana pembelajaran berbasis teknologi informasi.
  4. Menerapkan sistem penjaminan mutu program studi.
 
  1. Optimalisasi dalam penelitian-penelitian bidang manajemen pendidikan Islam dengan memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki untuk ikut menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku pendidikan dan pemerintah sehingga eksistensinya diakui oleh masyarakat.

Strategi pencapaian:

  1. Meningkatkan kemampuan penelitian dosen melalui pelatihan, workshop, seminar-seminar penelitian nasional dan internasional, mengikuti call paper, dll.
  2. Menyediakan alokasi dana penelitian bagi dosen dan mahasiswa di bidang manajemen pendidikan Islam.
  3. Menyediakan jurnal-jurnal nasional dan internasional baik berupa hardcopy maupun softcopy
  4. Peningkatan kompetensi dosen dalam meraih hibah kompetisi penelitian.
  5. Peningkatan kompetensi dosen dalam publikasi karya ilmiah hasil penelitian baik tingkat nasional ataupun internasional.
 
  1. Optimalisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen pendidikan Islam  dengan memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki untuk ikut menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.

Strategi pencapaiannya

  1. Meningkatkan kemampuan pengabdian dosen melalui pelatihan-pelatihan pengabdian masyarakat.
  2. Menyediakan alokasi dana pengabdian bagi dosen dan mahasiswa di bidang manajemen pendidikan Islam
  3. Peningkatan kompetensi dosen dalam meraih hibah kompetisi pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan kompetensi dosen dalam publikasi karya ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat baik tingkat nasional ataupun internasional.
 
  1. Optimalisasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dalam kerjasama dengan stakeholders untuk pengembangan bidang Manajemen Pendidikan Islam, sehingga terjadi sinergitas saling menguntugkan antara ke dua belah pihak.
 

Strategi pencapaiannya:

1. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran.

2.  Mewujudkan tata kelola kelembagaan yang berkualitas untuk menjamin keberlanjutan program studi.

E. Optimalisasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dalam melakukan perbaikan terus-menerus di bidang tata kelola kelembagaan dengan baik (good governance) dan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu (quality assurance).

Strategi pencapaiannya:

Membuat perencanaan pengelolaan akademik secara lebih terstruktur, dan menerapkan sistem penjaminan mutu yang berdasarkan Prosedur Mutu (PM) yang telah ditetapkan.