Pascasarjana Adakan Workshop Finalisasi Panduan Akademik


Menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap organisasi dan lembaga memerlukan aturan yang menjadi pedoman bagi semua pihak yang terkait dalam melakukan hubungan kerja satu sama lain. Termasuk keberadaan Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara dalam melaksanakan keseluruhan kegiatan sebagai wujud implementasi tri dharma sangatlah dibutuhkan aturan dan pedoman operasional yang jelas, terukur, dan aplicable.

Kebutuhan mendesak yang perlu disiapkan oleh PPs UNISNU Jepara dalam rangka memaksimalkan pelayanan akademik dibutuhkan sebuah pedoman atau prosedur tentang kebijakan akademik, standar akademik, standard operating procedure (SOP), pedoman pelaksanaan ujian komprehensif, ujian seminar proposal, ujian tesis serta tatacara penulisan karya ilmiah. Keseluruhan pedoman tersebut akan terkompilasi dalam pedoman akademik PPs UNISNU Jepara.

Upaya pembentukan buku pedoman akademik tersebut ditempuh melalui tiga (3) tahap, pertama, tahap workshop dan pembahasan pedoman kerangka penciptaan formulasi yang terbaik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian, kedua, tahap sosialisasi, tahapan ini sangat penting dikarenakan tanpa adanya kesepahaman antara pengelola, dosen dan mahasiswa maka aturan sebaik apapun akan sulit dan kurang maksimal diwujudkan, ketiga, tahap pelaksanaan pedoman. Pada tahap akhir ini, semua civitas akademika diwajibkan tunduk dan taat terhadap regulasi yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum dalam pedoman akademik yang telah terformulasikan.

Oleh karenanya, kegiatan workshop pembahasan pedoman akademik PPs UNISNU Jepara ini menjadi penting dilakukan sebagai entry point untuk melaksanakan amanat undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Sehingga hasil dari kegiatan ini akan terumuskan pola dan prosedur untuk menjalankan kegiatan akademik di PPs.

Kegiatan yang telah terselenggara pada tanggal 21 Juni 2014 telah menyepakati berbagai rekomendasi dan keputusan penting untuk penyempurrnaan Panduan Akademik Program Pascasarjana UNISNU Jepara. Endingnya, sekarang PPs UNISNU Jepara telah memiliki panduan akademik berdasarkan SK Rektor UNISNU Jepara nomor 146/SK/UNISNU/XI/2014 tertanggal 10 Nopember 2014. Semoga panduan yang telah ada ini mampu dijadikan petunjuk pengelolaan sekaligus dasar bagi seluruh civitas academica dalam menjalankan mandat tri dharma perguruan tinggi.


Admin Unisnu

Komentar