PPs UNISNU Lakukan Studi Banding di IAIN Tulungagung


Perguruan tinggi adalah institusi yang didedikasikan untuk menguasai, memanfaatkan, mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, tekonologi dan seni (iptek), mempelajari,mengklasifikasikan dan melestarikan budaya serta meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Oleh karenanya, perguruan tinggi sebagai lembaga melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengelola iptek. Untuk menopang dedikasi dan fungsi tersebut, perguruan tinggi dituntut harus dapat mengatur diri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara terus menerus, baik masukan, proses maupun keluaran berbagai program maupun layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Sebagai bagian dari entitas tersebut, Program Pascasarjana UNISNU Jepara program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang kami jalankan berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 2744 tahun 2012 masihlah tergolong sangat muda. Meski demikian upaya pengelola untuk senantiasa meningkatkan mutu dan standar pelayanan maksimal senantiasa menjadi concern lembaga. Sebagai bentuk nyatanya program studi yang kami jalankan telah terakreditasi oleh BAN-PT meskipun dengan nilai minimal kategori cukup.

Upaya lanjutan untuk senantiasa mendongkrak mutu akademik di Program yang kami jalankan diantaranya adalah dengan meningkatkan hubungan kerjasama, diantaranya melalui studi banding. Kegiatan ini kami pandang penting dalam rangka untuk menggali informasi dan sistem tata kelola baik bidang akademik berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian serta strategi untuk peningkatan mutu internal maupun eksternal. Kami memandang keberadaan IAIN Tulungagung khususnya program pascasarjana prodi MPI telah memiliki kemajuan yang pesat, dibuktikan dengan diperolehnya peringkat A untuk akreditasi prodi tersebut. Maka kami sudah sangat selayaknya untuk ngangsu kaweruh dan mengadopsi model pengelolaan yang diterapkan dengan tujuan agar dapat kami terapkan selepas kegiatan studi banding ini. Semoga niatan ini senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT.

Kegiatan studi banding ini dilaksanakan mulai 15 s/d 17 Januari 2015 di Aula Rektorat Lantai III IAIN Tulungagung, kegiatan ini dimulai dengan ceremonial pembukaan dan dilanjutkan dengan dialog terkait pengelolaan program pascasarjana dan sistem tata kelola akademik yang meliputi bidang kurikulum, strategi pengabdian masyarakat serta strategi sukses menghadapi akreditasi baik tingkat prodi maupun institusi.


Admin Unisnu

Komentar